0



 Cara cepat mencari konsumen atau pelanggan dan strategi meningkatkan penjualan produkCara menentukan harga jual produk yang pas juga perlu kita perhatikan. Harga jual terlalu mahal keuntungan banyak tetapi konsumen sedikit, demikian pula jika harga murah banyak konsumen tetapi keuntungan sedikit. Makanya pengusaha diharuskan memberikan penawaran menarik kepada pelanggan pelajari juga tentang cara cepat mencari konsumen atau pelanggan. Namun itu bukanlah perkara mudah. Salah-salah malah produk kita tidak aka nada yang beli. Kita yang ingin membuka sebuah usaha sering kali dibingungkan soal bagaimana menentukan harga jual barang yang kita miliki. Tidak ada salahnya jika mengikuti beberapa tips berikut ini :


  1.   Berdasarkan biaya produksi, cara yang paling senangi banyak orang adalah cara ini. Yaitu menetapkan harga jual berdasarkan biaya produksi. Pasalnya cara ini sangatlah simple, andapun tinggal menghitung berapa total biaya yang dikeluarkan ditambahkan dengan margin keuntungan yang diinginkan, maka itulah harga jual produk kita.contoh misalkan telur perkilo di beli dengan harga Rp 16.000. ditambah dengan biaya transportasi dan biaya lain yang jika dihitung per unit, total biaya  misalkan 1000. ditambah margin keuntungan yang diinginkan misalnya sekitar 20%, maka harga jual produk tersebut Rp 16.000 + Rp 1000 + 20 %.
  2.   Berdasarkan kompetisi, cara kedua untuk menentukan harga jual  produk berdasarkan kompetisi biasanya dipakai oleh pendatang baru. Maklum sebagai “pemain” baru untuk berjualan produk sejenis yang lebih dulu ada, maka dia harus membandingkan beberapa harga jual kompetitor sebelum memutuskan menetapkan harga jual produk kita. Biasanya harga jual yang diterapkan para pendatang baru ini lebih murah di bandingkan dengan produk yang lebih dulu ada yang di jual di toko lain. Meski lebih murah biasanya tetap mendapatkan keuntungan. Bedanya margin keuntungan yang di dapat lebih sedikit disbanding competitor. Pada beberapa , ada juga yang berani rugi saat menerapkan strategi ini. Tapi, jika anda bermodal pas-pasan jangan pernagh menerapkan strategi ini. Karena, tentu saja usaha kita akan rugi. Berbeda halnya jika kita mempunyai modal cukup besar, boleh kita berprinsip tak mengapa rugi di awal usaha, karena selanjutnya bias untung terus. Pertimbangan lain menggunakan strategi ini untuk menetapkan penetrasi pasar.Baca juga artikel tentang strategi meningkatkan penjualan produk.
  3.  Berdasarkan tujuan khusus, strategi terakhir dengan menggunakan pendekatkan tujuan khusus. Yaitu tujuan apa yang ingin dicapai dari harga jual barang  tersebut. Apakah sekedar meningkatkan jumlah penjualan, atau mendongkrak imege produk, atau karena hal lain.
Mungkin hanya beberapa tips menentukan harga jual produk yang di sampaikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya. Selamat mencoba semoga sukses.

Post a Comment

 
Top